Selasa, 05 Juli 2011

Tv china tegangan melonjak


Servis panggilan di desa Soko, brujul, jaten. Tv cina yang sudah diganti mesin rakitan merk HUIJIA, dengan problem gambar hanya 10cm mendatar,  suara bisu. Tindakan saya cek bagian vertical kutemukan elco 1000/25v mlembung, trus aku ganti.
Dilanjut pengecekan bagian sound audio, ternyata IC TDA2003 pecah, aku ganti yg baru. Kemudian aku coba nyalakan tv, gambarnya sudah oke namun suaranya masih bisu, beberapa saat kemudian terlihat asap mengepul dari IC audio yang tadi aku ganti. “Kobong maneh iki ICne” pikirku.
Sebelum aku pasang lagi IC yang baru, aku cek tegangan sekunder regulatornya,.. dan ternyata ….fantastis.. tegangan supli RGB yang normalnya 180v melonjak jadi 250v..! diikuti semua tegangan supli yang lain jga melonjak.
 Singkat cerita aku temukan R552 bagian sensor tegangan yang nilainya 100K yang molor menjadi  125k. Setelah pergantian aku cek tegangan sudah normal kembali, trus aku pasang IC audionya, lalu aku coba nyalakan tv. Sudah normal kembali…

1 komentar:

visitor