Selasa, 05 Juli 2011

Pengalaman pertama servis tv

            
Setiap orang pasti punya pengalaman yang paling berkesan, begitupun saya juga punya pengalaman yang mungkin tidak akan terlupakan. 
Sejak kelas 2 SMP suka sekali dengan hal yang berkaitan dengan elektronika, sehingga saya suka sekali ber eksperimen membuat macam macam rangkaian elektronik.    
          
 Singkat cerita, setelah lulus STM [jurusan mesin]  tahun 1997 datang seorang teman yang baru mudik  membawa tv color merk ITT 17" katanya pemberian dari bosnya di jakarta tapi sedikit trobel{tidak berwarna}. Dia minta tolong pada saya untuk menservis tv tsb. Sebenarnya saya menolak permintaanya tsb karena aku pada waktu itu belum pernah sekalipun sarvis televisi, walaupun secara teori saya tahu sedikit dari baca buku. 
           Berhubung orangnya memaksa akhirnya aku terima permintaanya dengan perjanjian apabila gagal dan rusaknya makin parah saya tidak bertanggung jawab[bahan eksperimen gratis nih hehehe...pikirku]. SEtelah kubuka casingnya, sejenak kuamati dan kupelajari main boardnya sambil aku banding kan apa yang pernah aku pelajari dari buku. Tindakanku selanjutnya aku trim trafo IF nya tidak membuahkan hasil, lalu VR bagian color dekoder aku trim juga sama saja. Setelah utak atik sana sini gak berhasil, akhirny aku mengambil langkah untuk megganti IC color dekodernya TDA3665 pada waktu itu harganya Rp.60000. Setelah IC aku pasang, aku coba nyalakan TV dan akhirnya TVpun normal kembali.Sejak saat itulah aku sering diminta tolong teman & tetangga bila tvnya rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

visitor