Rabu, 17 Agustus 2011

TV Samsung gambar hanya setengah kebawah


TV SAMSUNG flat CS-15K5S ,TDA9381(IC-MCU), chasis KS1A dengan problem: gambar yang terlihat hanya setengah layar kebawah, sedangkan stengah layar keatas gelap. Menurut gejala tsb jelas yang bermasalah adalah vertikalnya, sehingga inspeksi ku fokuskan pada bagian vertikalnya. Dari supli tegangan vertical, IC, elco sampai defleksinya aku cek smua ternyata masih OK semua. Lalu aku coba periksa data di sermodnya, ku coba adjust vposition, vsize, juga tak mempan.
 Sempat pusing juga nih, akhirnya aku buka skemanya, aku pelajari semua jalur yang berhubungan dengan vertikalnya. Akhrnya kecurigaanku tertuju pada vertical drivenya yang notabene verikal drivenya tertanam di dalam IC Singlenya[ TDA9381], “wah gawat nih kalo micomnya yang kena.” pikirku. Namun sebelum aku memfonis IC Micomnya, kucari bukti-bukti lain.
 Dan benar juga akhirnya aku temukan biang keroknya yaitu diode pembatas  D306 9,1V pada vertical drive out  IC micomnya pada kaki pin 21. Akhirnya setelah pergantian diode tsb, layar sudah bisa tampil penuh kembali…Yesss… kepela peningku langsung enteng  kembali…

5 komentar:

  1. Alhmdllh ada jg kerusakan tv yg sama.
    Tapi tv sy samsung model CS-29M21MQ mas. Kerusakan sama tp bukan siaran yg keluar hanya semacam cahaya merah bergaris2 dr tengah ke bawah layar, bagian atas gelap disertai bunyi teek teek. Sy perhatikan lampu indikator berkedip 5 kali tp tv tdk mati.
    Kira2 itu apanya, dan sy musti memulainya dr mana ya mas? Mohon bimbingannya bagi yg amatir ini mas.
    Mks

    BalasHapus
  2. Led samsung saya layar hitam 10 cm bagian bawah , kerusakanx ap ?

    BalasHapus
  3. Tv saya gambar bagian bawah gelap apanya ya? Saya cek bagian simetris +16,5 ,-24,0.

    BalasHapus

visitor